MAHASISWA FEBI MENGIKUTI ASEAN UNIVERSITY CONFERENCE ON PUBLIC RELATION AND COMMUNICATION (APRC) 2016

Mahasiswa Program Studi (prodi) Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Purwokerto, Muhammad Syah Fibrika Ramadhan, belum lama ini mengikuti ASEAN University Conference on Public Relation and Communication (APRC) 2016 di Sintok Kedah, Universiti Utara Malaysia. Kegiatan ini diadakan School of Multimedia Technology and Communication, Universiti Utara Malaysia. Ramadhan mengatakan, peserta dalam acara ini berasal dari Cambodia, Thailand, Malaysia, Philipines, Australia dan berbagai negara lainnya. Peserta tidak hanya dari program S1, melainkan ada beberapa dari progam S2, bahkan Doktor.

‘’Selain itu juga ada beberapa dosen yang mengikuti kegiatan ini,’’tuturnya. Dikatakan dalam acara itu peserta mengadakan konferensi yang mengambil tema ‘’One Vision, One Identity, One Community: Fostering Public Relations Network For ASEAN Communities. Pembicara dalam acara ini Dr Elizabeth Goenawan Ananto, dosen dan Praktisi Public Relation, Universitas Trisakti, Indonesia. Paper yang diangkat berjudul, The Future of Public Relations: Ananto membawa paper berjudul The Implication of Excellence Theory in ASEAN Perspectivesî. Dalam konfrensi itu Ramadhan mempresentasikan paper berjudul ìThe Urgency of Online Petition as Digital Democration Tool in ASEAN Economic Community Eraî.

Dia tampil bersama Ganiyu Mutiu Adekunle dari Universiti Utara Malaysia dan Asawin Nedpogaeo dari National Institute of Development Administration (NIDA) Thailand. Paper yang dipresentasikan Ramadhan merupakan hasil penelitian yang telah dilakukannya. Dia melakukan penerlitian terhadap 152 orang yang terdiri atas siswa SMA dan mahasiswa. Responden ditanya mengenai petisi online.

Responden mengatakan, petisi online memberikan informasi dan aspirasi dari masyarakat. ‘’Petisi itu juga membuat perubahan sosial di masyarakat, serta menjadi akselerator untuk menyampaikan aspirasi di masyarakat ekonomi ASEAN,’’ ungkap Syah. Ramadhan berharap setelah mengikuti acara ini bisa melihat nanti akan lahir the next generation yang mampu mengantarkan IAIN Purwokerto menjadi world class university yang menguasai ilmu agama Islam dan dunia.

‘’Ini pengalaman berharga dan diharapkan bisa menjadi tunas yang mengawali semangat perjuangan dan akan terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat. Sehingga visi IAIN Purwokerto menjadi perguruan tinggi yang unggul, islami, dan berkeadaban akan terwujud,’’ ungkapnya. 

 

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Log in