PENARIKAN KKN 498 MAHASISWA IAIN PURWOKERTO Featured

 

Sebanyak 498 orang Mahasiswa IAIN Purwokerto yang mengikuti KKN di empat Kecamatan, pekan lalu ditarik kembali ke kampus. Mahasiswa telah melakukan KKN selama 45 hari di Kecamatan Kebasen, Kemranjen, Somagede dan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Penarikan KKN dipusatkan di Balai Desa Lebeng Kecamatan Sumpiuh Banyumas, disaksikan Bupati Achmad Husein, Rektor IAIN Luthfi Hamidi, Sekretaris Bapermas PKB, Wakil Rektor I IAIN, Camat, Kepala Desa dan Lurah, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan seluruh mahasiswa peserta KKN.

Rektor Dr. H. A. Luthfi Hamidi, M. Ag melaporkan kepada Bupati bahwa selama KKN mahasiswa telah membentuk 12 Pos Pemberdaya (Posdaya) baru dan 38 Posdaya dampingan. KKN kali ini merupakan KKN Posdaya lanjutan dari KKN sebelumnya sehingga kami tidak membentuk banyak posdaya, katanya. Dia mengatakan, penarikan kembali mahasiswa ke kampus untuk melanjutkan tugas akademik yang masih harus diselesaikan. Dia berterima kasih kepada Pemkab yang telah memberi kesempatan kepada IAIN untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa telah mengamalkan ilmu kemasyarakatan, ilmu sosial, dan yang lainnya. Semoga ilmu yang didapat selama KKN dapat bermanfaat baik bagi mahasiswa dan masyarakat, ujarnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, dalam penarikan KKN ini sengaja memanggil para Kades tempat KKN berlangsung untuk dimintai testimoni atas kinerja mahasiswa selama KKN diwilayahya. Kesimpulan yang disampaikan oleh beberapa Kades bahwa mahasiswa IAIN Purwokerto perlu dilanjutkan di periode mendatang, ujarnya. Melly Kumalaputri, perwakilan mahasiswa melaporkan selama mengikuti KKN, mahasiswa telah menyatu dengan masyarakat, dan hidup bersama, kami banyak mendapat pengalaman hidup di kampung, ujarnya. KKN berbasis Masjid ini terbukti telah diterima masyarakat dengan baik, karena masyarakat menilai kehadiran mahasiswa KKN banyak memberi manfaat.

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Log in