LPPM IAIN Purwokerto Kerjasama Dengan DPRD Cilacap Susun Naskah Akademik Raperda Pendidikan Keagamaan

Senin (27/7) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Purwokerto kedatangan rombongan dari DPRD Kabupaten Cilacap. Rombongan tersebut terdiri dari jajaran Balegda DPRD Cilacap yang dipimpin langsung oleh Ketua Balegda DPRD Cilacap, Harun Arrosyid, Tim Pendamping, dan jajaran staf Sekretariat DPRD Cilacap.

Maksud kedatangan rombongan DPRD tersebut adalah untuk melakukan pertemuan awal dengan Tim Ahli dari LPPM IAIN Purwokerto dalam rangka menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama Penyusunan Naskah Akademik Raperda Kabupaten Cilacap tentang Pendidikan Keagamaan  antara Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cilacap dengan LPPM IAIN Purwokerto yang dua minggu sebelumnya telah ditandatangani oleh Sekretaris DPRD Cilacap, Sumaryo S Sos MM, dan Ketua LPPM IAIN Purwokerto, Drs Amat Nuri M Pd I.

Dalam sambutan pengantar pertemuan awal antara DPRD Cilacap dengan Tim Ahli dari LPPM IAIN Purwokerto tersebut, Kepala Pusat Penelitian IAIN Purwokerto, Sony Susandra M Ag, mewakili Ketua LPPM IAIN Purwokerto, menyampaikan bahwa LPPM IAIN Purwokerto telah membentuk Tim Ahli yang terdiri dari 6 orang dengan kualifikasi sebagaimana yang diminta oleh Balegda dan Sekretariat DPRD Cilacap, yaitu dari bidang Pendidikan Islam Drs Amat Nuri M Pd I dan Sony Susandra M Ag, dari bidang Sosiologi Ahmad Muttaqien M Si, dari bidang Sosiologi Agama Agus Sunaryo M SI, dari bidang Hukum Dr Hj Nita Triana SH M Si, dan dari bidang Hukum Islam Dr H Ridwan M Ag.

Lebih lanjut Sony mengemukakan bahwa tim yang telah dibentuk tersebut telah memulai menyusun kerangka naskah akademik dan mulai masuk pada penyusunan draft awal dengan hasil sebagaimana yang tertuang dalam dokumen yang dibagikan kepada peserta pertemuan tersebut. Adapun kerangka kerja yang akan dilakukan oleh tim dalam rangka penyusunan naskah akademik tersebut meliputi 5 langkah. “Kami akan lakukan tahapan identifikasi permasalahan terhadap fenomena aktifitas pendidikan keagamaan di Kabupaten Cilacap, inventarisasi bahan hukum yang terkait, sistematisasi bahan hukum, analisis bahan hukum, dan perancangan serta penulisan”, kata Sony.

Menanggapi apa yang dikemukakan Kepala Pusat Penelitian IAIN Purwokerto tersebut, Ketua Balegda DPRD Cilacap, Harun Arrosyid, menyampaikan apresiasinya. “Ini pengalaman pertama kami dari sejumlah kegiatan kerjasama penyusunan naskah akademik Raperda, di pertemuan awal sudah tersedia naskah draft awal untuk dibahas”, kata Harun. Lebih lanjut Harun mengemukakan bahwa biasanya di pertemuan awal baru dilakukan perkenalan dan perbincangan umum, belum membahas naskah.

Untuk itu Harun berharap mudah-mudahan penyusunan Naskah Akademik Raperda Pendidikan Keagamaan dengan Tim Ahli dari LPPM IAIN Purwokerto ini akan berjalan lancar, intensif, cepat dan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Pertemuan berlanjut dengan brainstorming terkait berbagai problem dan aspirasi masyarakat terkait pendidikan keagamaan yang disampaikan oleh para Anggota DPRD Cilacap yang hadir dalam pertemuan tersebut, yaitu antara lain Romelan dari PPP, Ismangil dari PKB, Tietha Ernawati Suwarto dari PAN, dan Didi Yudi Cahyadi dari PKB.

Setelah semua problem dan aspirasi disampaikan, salah seorang dari Tim Ahli LPPM IAIN Purwokerto, Dr H Ridwan M Ag menyampaikan bahwa seluruh problem dan aspirasi yang telah disampaikan tersebut akan menjadi bahan bagi tim untuk melakukan penajaman atau focusing agar naskah akademik dan raperda yang disusun bisa efektif untuk diberlakukan dan memiliki dampak solutif atas berbagai problem yang berkembang dalam aktifitas pendidikan keagamaan di Kabupaten Cilacap.

Pertemuan tersebut akan dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan berikutnya, termasuk public hearing. “Kami sangat mengharapkan, para anggota Tim Ahli dari LPPM IAIN Purwokerto dapat secara intens hadir dalam pertemuan-pertemuan berikutnya, termasuk dalam public hearing nanti”, pungkas Harun Arrosyid. (Adil Mualim)    

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Log in