Penyelenggaraan Perkuliahan

Penyelenggaraan Perkuliahan

Mahasiswa diwajibkan mengikuti per­kuliahan dan kegiatan akademis se­jenisnya, dengan rencana studi secara tertib dan teratur menurut ketentuan yang berlaku.

1.      Kegiatan Perkuliahan

a.       Kegiatan perkuliahan dapat dibe­dakan menjadi perkuliahan teori dan praktikum/kerja lapangan.

b.      Perkuliahan teori adalah perku­liahan yang sifatnya mengkaji teori, konsep, dan prinsip suatu bidang studi.

c.       Praktikum/perkuliahan kerja la­pangan merupakan kegiatan belajar yang sifatnya mengapli­kasikan teori dalam bentuk kerja secara nyata di lapangan.

d.      Setiap perkuliahan terdiri atas ke­giatan tatap muka dan tugas terstruktur dan mandiri.

e.       Kegiatan tatap muka, yakni ke­giat­an perkuliahan terjadwal, dosen dan mahasiswa saling berkomu­nikasi secara langsung, yang berupa cera­mah, diskusi, tanya jawab, seminar, atau ke­giatan akademik lainnya.

f.        Kegiatan terstruktur ialah kegiatan belajar di luar jam terjadwal, mahasiswa melaksanakan tugas dari (dan) dalam pengawasan dosen, yang berupa tugas-tugas peker­jaan rumah, penulisan laporan, penulisan makalah, penelitian, dan kegiatan lain yang sejenis.

g.      Kegiatan mandiri adalah kegiatan belajar yang diatur oleh maha­siswa sendiri untuk memperkaya penge­tahuan dalam rangka me­nunjang kegiatan terstruktur, yang berupa belajar di perpustakaan, wawancara dengan narasumber, atau kegiatan lain yang sejenis.

2.      Ketentuan Perkuliahan

a.       Mahasiswa wajib mengikuti ku­liah, praktik, dan kegiatan aka­demik lain yang diselenggarakan oleh setiap Fakultas pada IAIN Purwokerto.

b.      Mahasiswa wajib melaksanakan kegiatan perkuliahan seperti prak­tikum, pembuatan laporan, skripsi, dan tugas lain yang sejenis.

c.       Mahasiswa yang hadir dalam ke­giatan akademik wajib menan­datangani daftar hadir.

d.      Mahasiswa yang tidak hadir pada suatu kegiatan akademik atau per­kuliahan wajib menyampaikan surat pemberitahuan tentang alasan ketidakhadirannya.

e.       Setiap selesai perkuliahan, daftar hadir diserahkan ke Jurusan yang bersangkutan oleh dosen atau maha­siswa yang ditun­juk.

f.        Mahasiswa wajib mengikuti per­kuliahan tatap muka sedikitnya 70%, kecuali karena ada hal lain yang berada di luar kemam­pu­annya.

g.      Jika kegiatan perkuliahan tidak dapat dilaksanakan dengan jadwal yang telah ditentukan, maka dosen wajib memberitahu mahasiswa dan mengusahakan waktu lain sebagai penggantinya, dengan berkoordinasi dengan Jurusan agar tidak terjadi benturan jadwal.

Log in