Penasihat Akademik

Penasihat Akademik

1.      Pengertian

Penasihat Akademik (PA) adalah dosen yang ditunjuk oleh dekan untuk mem­berikan bimbingan studi kepada maha­siswa dalam rangka mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Untuk memberikan pelayanan studi yang sebaik-baiknya kepada mahasiswa, dekan fakultas menunjuk Penasihat Akademik yang terdiri dari dosen tetap bagi bebe­rapa orang mahasiswa untuk membe­rikan bimbingan studi sampai mereka menyelesaikan studi di IAIN Purwokerto.

 

2.      Tujuan Penasihat Akademik

Perwalian studi diselenggarakan dengan maksud sebagai berikut:

a.       Membantu mahasiswa dalam menyesuaikan diri, bertindak, dan berpikir sesuai dengan kehidupan kampus.

b.      Membantu mahasiswa dalam me­laksanakan cara-cara belajar di perguruan tinggi yang efektif dan efisien.

c.       Membantu mahasiswa dalam meng­atasi kesulitan dan ham­batan yang berhubungan dengan studinya.

d.      Membantu mahasiswa dalam me­mahami dan menghayati tradisi sikap ilmiah di perguruan tinggi.

e.       Membantu mahasiswa menentu­kan berbagai alternatif dalam meme­cahkan masalah yang da­pat meng­hambat program studi­nya.

f.        Memberikan pertimbangan dan per­setujuan terhadap pengam­bilan matakuliah.

 

3.      Tata Tertib Penasihat Akademik

Tata tertib dalam rangka menunjang kelancaran tugas Penasihat Akademik adalah sebagai berikut:

a.      Kewajiban Penasihat Akademik (PA)

1)      Setiap Penasihat Akademik wajib membimbing sejumlah mahasiswa di bawah we­wenangnya dalam bidang aka­demik secara preventif, korektif, dan persuasif, baik secara perorangan maupun kelompok.

2)      Apabila ada masalah aka­demis atau non-akademis yang tidak dapat diatasi, Pena­sihat Aka­demik wajib meng­konsultasikan kepada Dekan dan Ketua Jurusan.

3)      Penasihat Akademik wajib me­ngadakan pertemuan kon­sultatif dengan mahasiswa yang di­bimbing secara pe­riodik, dan waktunya disepakati bersama.

4)      Setiap akhir semester, Pena­sihat Akademik wajib me­nyampaikan laporan tertulis mengenai hasil kerja per­walian kepada Dekan melalui Ketua Jurusan, untuk diterbitkan Surat Keterangan Dekan sebagai bahan peni­laian beban tugas edukatif.

5)      Penasihat Akademik ber­tang­gung jawab atas kelan­caran kegiatan perwalian, dan tidak dibenarkan melempar­kan tang­gung jawabnya ke­pada pihak lain dalam me­laksana­kan tugasnya.

b.      Kewajiban Mahasiswa

1)      Mahasiswa wajib memahami dan menghayati arti penting­nya perwalian studi, serta meman­faatkannya untuk ke­lancaran studi.

2)      Mahasiswa wajib mengada­kan komunikasi dan konsul­tasi secara aktif dengan Penasihat Akademik tentang kegiatan studi berikut kesu­litannya.

3)      Mahasiswa wajib menaati hasil konsultasi, serta nasihat Penasihat Akademik, dan bersedia menerima sanksi akademik apabila melanggar kesepakatannya.

4)      Mahasiswa wajib memberi­kan laporan hasil prestasi studinya kepada Penasihat Akademik, selambat-lambat­nya seminggu setelah yudi­sium semesteran.

Log in